Kabupaten Mojokerto, majalahglobal.com – Dalam rangka mengenalkan elemen-elemen medis Puskesmas kepada pelajar usia dini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, kembali menggelar program Sabtu Sehat di Puskesmas bersama anak TK (Santika). Program yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto itu kali ini diadakan di Puskesmas Bangsal pada Minggu (4/5) pagi.

Kembali Gelar Program Santika, Bupati Ikfina Kenalkan Puskesmas Kepada Pelajar Usia Dini
Kembali Gelar Program Santika, Bupati Ikfina Kenalkan Puskesmas Kepada Pelajar Usia Dini

Melalui program Santika, Perempuan pertama yang menjadi Bupati Mojokerto itu mengharapkan agar para pelajar usia dini dapat mengetahui apa saja yang ada di Puskesmas, sehingga menghilangkan rasa takut pada anak-anak usia dini untuk pergi berobat.

Acara ‘Santika’ ini diawali dengan senam sehat bersama Bupati Ikfina beserta jajaran ¬†Puskesmas Bangsal, yang juga diikuti dengan antusias oleh sedikitnya 68 siswa dari TK Negeri Pembina Kecamatan Bangsal.

Kembali Gelar Program Santika, Bupati Ikfina Kenalkan Puskesmas Kepada Pelajar Usia Dini
Kembali Gelar Program Santika, Bupati Ikfina Kenalkan Puskesmas Kepada Pelajar Usia Dini

“Tujuan kita adalah mengenalkan Puskesmas sebagai pusat kesehatantbeserta semua yang ada di dalamnya, siapa saja (nakes) dan ada pelayanan apa saja, supaya anak-anak tidak takut ketika diperiksa (berobat),” jelas Bupati Ikfina.

Selanjutnya, Bupati yang juga pernah berprofesi sebagai dokter itu juga mengajak siswa-siswi untuk berdialog. Ia pun menjelaskan apa saja yang ada di Puskesmas, mulai dari memperkenalkan jajaran profesi nakes seperti dokter, perawat, bidan apoteker dan laborat, hingga jenis-jenis obat yang tersedia disana juga turut dikenalkan.

“Ini dokter-dokter yang ada di Puskesmas Bangsal, jadi dokter (di puskesmas bangsal) ada 2, ada yang memeriksa tubuh dan ada yang memeriksa gigi, nanti anak-anak akan diajak ke ruangan dokter gigi,” Tuturnya.

Tak hanya memperkenalkan, Bupati Ikfina juga mengajak rombongan murid TK Negeri Pembina Kecamatan Bangsal untuk berkeliling Puskesmas, mereka diajak untuk memasuki ruangan-ruangan sembari dikenalkan dengan alat-alat medis yang ada di Puskesmas Bangsal.

Diketahui, Puskesmas Bangsal sendiri sudah menyandang sebagai salah satu ‘Puskesmas Ramah Anak’ di Kabupaten Mojokerto sejak 2017, hal ini dituturkan oleh dr. Ulfah Kurniasari pada sesi laporan sebelumnya.

“Pada tahun 2017, Puskesmas Bangsal merupakan salah satu Puskesmas yang telah ‘diSK’ kan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto sebagai Puskesmas Ramah Anak, dalam pelaksanaannya kami tetap mengupayakan hal-hal yang berhubungan dengan Puskesmas Ramah Anak, seperti ketersediaan pojok bermain anak di ruang tunggu, ketersediaan ruang laktasi, pelayanan khusus pada ibu dan anak, dan kemudian adanya ruang Poned (bersalin),” Terangnya.

Diketahui pada pelaksanaan program Santika juga turut hadiri Kepala Dinas Kesehatan Mojokerto, dr. Ulum Rokhmat, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Ludfy Ariyono, Camat beserta Forkopimca Bangsal, IGTKI Kabupaten Mojokerto, Himpaudi Kabupaten Mojokerto, dan jajaran Pemerintahan Desa setempat.(jay)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan